Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Spesifikasi dan Fitur Utama Snapdragon 690

Spesifikasi-Fitur-Utama-Snapdragon-690

SPESIFIKASI DAN FITUR UTAMA SNAPDRAGON 690

Perusahaan chip multinasional asal Amerika Qualcomm baru-baru ini mengumumkan chipset terbarunya dikelas midrange yaitu Snapdragon 690. SoC baru ini adalah upaya dari perusahaan teknologi berbasis chipset dan jaringan ini untuk menghadirkan 5G yang menjangkau lebih banyak smartphone.

Sebelum langkah ini, modem 5G hanya tersedia di smartphone kelas atas. Seri Snapdragon 600 ditujukan untuk segmen pasar kelas menengah, dan langkah ini memastikan bahwa mereka akan memperluas jangkauan smartphone berkemampuan 5G pertama mereka. Meskipun belum ada smartphone yang didukung oleh chipset ini, saya akan sedikit merinci spesifikasi dan fitur utamanya untuk Anda semua. so staytune aja ya....


INILAH  SPESIFIKASI DAN FITUR UTAMA SNAPDRAGON 690:

Sistem Snapdragon X51 5G Modem-RF

Tentu saja spesifikasi yang pertama kali dibahas adalah modem X51 5G. Chipset menggabungkan kekuatan dan kecepatan dengan efisiensi daya untuk mencapai konektivitas yang berkelanjutan dan superior. Seperti yang diharapkan, ini memiliki dukungan untuk band global, NSA (non-standalone), SA (standalone), dan koneksi global multi-SIM aktif di seluruh dunia. Sistem Snapdragon X51 memiliki fitur sub-6GHz 5G dengan bandwidth 100MHz dan 4 × 4 MIMO. Kecepatan downlink adalah 2.5 Gbps sedangkan kecepatan uplink 660 Mbps.

AI Engine Generasi ke-5

Chip Snapdragon 690 menampilkan mesin AI generasi ke-5 dari Qualcomm dan juga Qualcomm Hexagon Tensor Accelerator (HTA). Keduanya adalah pengatur waktu pertama dalam seri Qualcomm 600. Kinerja AI mengalami peningkatan hingga 70% dibandingkan pendahulunya - Snapdragon 675 . Ini akan meningkatkan pengalaman intuitif daya pada kecepatan yang mengesankan dan efisiensi daya yang luar biasa.


BACA JUGA: iPhone lawas layak beli di tahun 2020

Qualcomm Spectra 355L ISP

Spektrum 355L yang ditingkatkan mendukung pengambilan megapiksel tinggi pada kamera,  teknologi peredam noise, dan autofokus cepat untuk video kualitas profesional 4K HDR yang lebih cerah dan tajam dalam lebih dari satu miliar warna. Ini terdiri dari ISP 14-bit ganda, mendukung kamera 192MP dan MFNR 48MP (pengurangan noise multi-frame). Untuk pengaturan kamera ganda, ini mendukung lensa 32MP & 16MP pada 30fps.

Kryo 560 CPU

Chipset ini memiliki  CPU Octa-core dengan konfigurasi konfigurasi 2 + 6. Dua inti Big /  core utama adalah Kryo 560 (clockspeed 2.0 GHz) yang di proses pada fabrikasi  8nm  memungkinkan kinerja yang intens dengan efisiensi daya tertinggi. Enam inti lainnya adalah core ARM Cortex-A55. Core Kryo 560 adalah versi core ARM Cortex-A77 yang dicustom oleh Qualcomm. Kinerja CPU mengalami peningkatan 20% dibandingkan dengan apa yang Anda miliki pada Snapdragon 675.

Adreno 619L GPU

Menurut Qualcomm, GPU ini 60% lebih cepat dari GPU Adreno 612 di Snapdragon 675. Ini mungkin hanya strategi pemasaran dan pada akhirnya, perbedaan kinerja tidak terlalu signifikan. GPU Adreno 619L memiliki fitur Physically Based Rendering (PBR) dan Vulkan 1.1 API yang akan memastikan rendering grafis yang mulus.

Dengan GPU adreno 619L yang performa tentu memiliki peningkatan performa walaupun tidak terlalu jauh dibanding pendahulunya dari snapdragon 675. Berbekal peningkatan ini pastinya cukup mendongkrak performa grafis dalam hal gaming tentunya.

Layar

Layar FHD + pada kecepatan refresh 120 Hz bersama dengan GPU Adreno 619L akan memungkinkan citra yang halus dan nyata terutama saat bermain game. Ini adalah pertama kalinya chipset seri 600 mendapatkan kecepatan refresh rate layar 120 Hz. Tampilan eksternal maksimum di sini adalah QHD + dengan pengurangan 60 Hz. Chipset ini mendukung tampilan warna 10-bit, HDR10 dan HDR10+. Masih harus dilihat apakah smartphone kelas menengah akan dilengkapi dengan layar kelas atas ini.

Spesifikasi-Fitur-Utama-Snapdragon-690
SNAPDRAGON 690


KESIMPULAN DARI FITUR SNAPDRAGON 690

Inilah spesifikasi dan fitur utama Snapdragon 690. Fitur penting lainnya dari chipset ini termasuk pengisian cepat Qualcomm 4+, sistem konektivitas Qualcomm FastConnect 6200 yang mendukung Bluetooth dan Wi-Fi pada chip, dan codec audio Qualcomm Aqstic, Hexagon Voice Assistant Accelerator, dan penguat speaker pintar Aqstic. Snapdragon 690 juga mendukung sistem NavIC GNSS milik india.

Kita tunggu saja smartphone dan vendor yang siap mengeluarkan produknya memakai snapdragon 690 yang tentunya menawarkan peningkatan performa...