Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MediaTek Helio G35, Chipset untuk ponsel gaming mainstream

MediaTek-Helio-G35

MEDIATEK HELIO G35 - MediaTek baru saja merilis chipset gaming terbarunya untuk pasar mainstream yaitu Helio G35. Nantinya chipset baru ini akan dipasar dengan harga yang ekonomis namun dengan performa yang bagus untuk segmen entry level.

Mediatek Helio G35 merupakan chipset yang menggunakan ARM Cortex A53 dengan clockspeed 2,3ghz dan dilengkapi pula dengan grafis GPU PowerVR GE8320 dengan clockspeed 680 mhz dilengkapi dengan ram LPDDR4X dengan kecepatan hingga 1600mhz dan juga mendukung storage penyimpanan eMMC 5.1

Mediatek menagatakan bahwa chipset ini memeiliki efisiensi daya yang optimal berkat penggunaan arsitektur TSMC litografi 12nm FinFET. poin lain yang menambah keunggulan chip Helio g35 adalah karena dilengkapi dengan teknologi Mediatek HyperEngine.

Kinerja yang lebih baik, permainan yang lebih playable, efiensi batre yang lebih bagus dan fotografi lebih baik, itulah segenap fitur-fitur yang dibawa dari chip G series yang juga diturunkan kepada Helio G35

Teknologi HyperEngine

Sederhananya, HyperEngine merupakan sebuah teknologi besutan mediatek didalam chipset buatan mereka untuk meningkatkan performa gaming dengan mengoptimalkan software dan harware.

Teknologi ini memberikan peningkatan di banyak sektor diantaranya meningkatkan efisiensi daya, responsivitas layar, pengaturan jaringan yang semakin cerdas dan disektor gaming tentunya memberikan peningkatan performa grafis untuk memberikan frame rate tinggi demi kenyamanan bermain game.

HyperEngine pada mulanya hanya diperkenalkan pada produk pemium mediatek yaitu MediaTek helio G90, namun mediatek berbaik hati menurunkan teknologi ini ke chipset kelas mainstream. Akhirnya mediatek helio g35 pun kebagian teknologi ini.

KELEBIHAN HELIO G35:

Mediatek-Helio-G35

  • Multikamera dengan Akselerator Berbasis Hardware dan Peningkatan AI kamera

MediaTek Helio G35 mendukung hingga 25MP kamera  dan memungkinkan fotografi dua kamera yang didukung oleh deep learning engine untuk menciptakan efek bokeh berkualitas tinggi dalam foto potret yang memukau. Stabilisasi Gambar Elektronik Terpadu (EIS) dipasangkan dengan mesin Rolling Shutter Compensation (RSC), yang secara cerdas memitigasi video efek jello saat merekam video aksi cepat atau panning.

Kamera Kontrol Unit (CCU) terintegrasi memberi daya pada Pencahayaan Otomatis Instan (AE), yang menyediakan pemfokusan dan penyesuaian pencahayaan yang jauh lebih cepat ketika kondisi pencahayaan lingkungan berubah secara tiba-tiba. 

Dengan adopsi perangkat tambahan AI kamera  seperti AI beauty, Album Foto Cerdas, dan peningkatan presisi dalam penangkapan Bokeh satu atau dua kamera.

  • Dukungan dual 4G SIM, dengan konektivitas & layanan lokasi yang cepat & andal

MediaTek 4G LTE WorldMode modem mencakup dukungan dual SIM 4G esensial yang memungkinkan VoLTE / ViLTE pada kedua koneksi. Desainnya yang sangat hemat daya memperpanjang masa pakai baterai, sementara teknologi antena pintar MediaTek TAS 2.0 secara aktif mendeteksi kualitas sinyal untuk memberikan koneksi terbaik dengan penggunaan daya terendah.
    Sub-prosesor GNSS khusus menyediakan Hot TTFF cepat dengan hasil yang akurat dan operasi daya sangat rendah. Wi-Fi 5 dan Bluetooth 5 terintegrasi mendukung ko-eksistensi simultan untuk secara signifikan meningkatkan throughput dan keandalan koneksi saat menggunakan Wi-Fi dan periferal nirkabel seperti headphone dan gamepad.

    PERFORMA GAMING HELIO G35:

    mediatek-helio-G35

    Meningat mediatek helio G35 adalah chipset budget dengan kemampuan gaming, maka tentunya chipset ini sudah sangat playable untuk memainkan game-game terkini semacam Mobile Legend, PUBG Mobile dan COD mobile.

    Untuk Mobile legend sudah mendukung high framerate di settingan high. Dan untuk pubg mobile mendukung graphic smooth medium dan balanced medium.

    Mengingat ini chip budget maka jangan berekspektasi teralu tinggi karena chip ini masih kategori low budget gaming yang masih playable untuk game terkini tapi tidak untuk graphic rata kanan.

    BACA JUGA: mediatek dimensity 1000+

    Mediatek Helio G35 setara dengan Snapdragon Berapa?

    Salah satu pertanyaan muncul dari calon pembeli tentang Mediatek Helio G35, menurut penulis cukup menarik dibahas lebih detail, yakni CPU yang dimiliki Helio G35 kira-kira setara dengan Snapdragon yang mana?

    Pertanyaan yang sering ditanyakan tentang Helio G35 setara dengan snapdragon versi apa? 
    Cukup banyak pro dan kontra dari user mediatek sendiri maupun calon pembeli tentang mediatek,Tapi untuk meidatek helio G35 sendiri sebenarnya telah mengalami banyak peningkatan di kelasnya diantara telah memakai arsitektur 12nm.

    jadi helio G35 setara dengan snapdragon apa?
    Secara performa helio G35 setara dengan snapdragon 636 yang digunakan di ZenFone Max Pro M1 tapi Helio G35 memiliki arsitektur lebih bagus dengan fitur terbaru termasuk AI dan HyperEngine sehingga layak disandingkan dengan Snapdragon 665 walaupun secara real performance masih kalah dari snapdragon 665 tapi paling tidak mendekati SD 665.

    skor benchmark:
    Helio G35 mencatat skor sekitar 105 ribuan
    SnapDragon 636 mencatat skor sekitar 
    Snapdragon 665 mencatatkan skor sebesar 170 ribuan.

    Bisa dibilang Helio G35 secara real performance setara Snapdragon 636 tapi secara Fitur G35 lebih mirip dengan snapdragon 665 yang lebih kekinian.

    SKOR ANTUTU BENCHMARK

    berdasarkan pengujian realme c11 yang memakai mediatek chipset helio G35 mencatat skor antutu benchmark sebesar 105.441 point.

    SPESIFIKASI MEDIATEK HELIO G35:

    Prosesor
    Jenis CPU:
    Arm Cortex-A53

    Frekuensi CPU Maks:
    2.3GHz

    Core:
    Octa (8)

    CPU Bit:
    64-bit

    Memori Dan Penyimpanan
    Tipe Memori:
    LPDDR3,  LPDDR4x

    Frekuensi Memori Maks:
    933MHz; 1600MHz

    Ukuran Memori Maks:
    4GB; 6GB

    Jenis penyimpanan:
    EMMMC 5.1

    Konektivitas
    Teknologi Seluler:
    4G Carrier Aggregation (CA),  CDMA2000 1x / EVDO Rev. A (SRLTE),  4G FDD / TDD, HSPA +

    Fungsi spesifik:
    TAS 2.0, HUPE, IMS (VoLTE \ ViLTE \ WoWi-Fi), eMBMS, Dual 4G VoLTE (DSDS), Band 71

    Kategori LTE:
    Cat-4,  Cat-7 DL / Cat-13 UL

    GNSS:
    Beidou,  Galileo,  Glonass,  GPS,  QZSS

    Wifi:
    Wi-Fi 5 (b / g / n / ac)

    Versi Bluetooth:
    5.0

    Grafik
    Jenis GPU:
    IMG PowerVR GE8320

    Frekuensi Max GPU:
    680MHz

    Resolusi Layar Maks:
    2400 x 1080

    Pengkodean Video:
    H.264

    FPS Pengkodean Video:
    1080P @ 30 fps

    Putar Video:
    H.264,  H.265 / HEVC

    FPS Pemutaran Video:
    1080P @ 30 fps

    Kamera
    ISP Kamera Maks:
    13MP + 13MP,  25MP

    Tangkap FPS:
    25MP @ 30fps; 13MP + 13MP @ 30fps

    Fitur Kamera:
    AI Beautification, Album Foto AI Cerdas, Bokeh Single-Cam / Dual-Cam; Hardware Warping Engine (EIS); Mesin Rolling Shutter Compensation (RSC); 3DAR MEMA;Pengurangan Noise Multi-Bingkai;

    Smartphone yang ditenagai chip MediaTek helio g35:

    Realme C11 

    Realme menjadi brand pertama yang menngunakan chipset MediaTek Helio G35 untuk ponsel terbaru mereka, Realme C11. Kabarnya Realme C11 akan dijual dengan harga 1,4 jutaan.


    Realme C15

    Realme C15 juga memakai Helio G35 yang masih dari keluarga C series dari realme namun memiliki sedikit perbedaan dari spesifikasi yang diusungnya diantaranya sudah mendukung quick charge 18W dan kapasitas baterai yang lebih besar membuatnya dijual sedikit lebih mahal di kisaran 2 jutaan.


    Kesimpulan 

    Helio G35 chipset entry level gaming dengan banyak fitur terbaru yang menawarkan pengalaman gaming yang nyaman dan dipasarkan dengan harga relatif murah yakni di kisaran di bawah 2 jutaan yang pastinya akan sangat layak untuk dinantikan.